Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (Univet Bantara) mengadakan Lokakarya peninjauan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) pada hari Selasa, 11 Februari 2020 bertempat di Fave Hotel Solo Baru. Adapaun tujuan Prodi D3 RMIK mengadakan lokakarya ini adalah untuk meninjau ulang VMTS Prodi masih relevan dengan kondisi perkembangan Prodi saat ini serta perkembangan ilmu rekam medis dan informasi kesehatan mengingat saat ini dunia sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0 dimana semua kegiatan berbasis digital.

Acara ini dihadiri oleh stakeholder internal (Dosen, Tenaga kependidikan, Mahasiswa dan stakeholder eksternal : Beberapa perwakilan dari Rumah Sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Organisasi Profesi (PORMIKI), serta perwakilan dari APTIRMIKI yang pada kesempatan ini dihadiri oleh Koordinator Wilayah Jawa Tengah “Bapak Tominanto, S.Kom., M.Cs.

Kegiatan lokakarya dibuka dengan sambutan sekaligus presentasi VMTS sebagai materi lokakarya oleh Ketua Program Studi D3 RMIK Univet Bantara, Fahmi Hakam, S.K.M., M.P.H dan dilanjutkan dengan forum diskusi yang dipandu Yul Asriati, S.Psi., M.P.H. Diskusi dibuka untuk menerima masukan dan saran dari stakeholder baik internal dan eksternal terkait VMTS Prodi D3 RMIK Univet Bantara.

Dari hasil lokakarya ini, terdapat beberapa masukan dari para stakeholder, antara lain :

  1. Sesuai salah satu kata kunci yang terdapat dalam visi, yaitu unggul, maka prodi perlu menentukan keunggulan prodi yang spesifik dalam bidang apa
  2. Prodi perlu menentukan target yang jelas dalam pencapaian VMTS, baik kuantitasnya maupun rentang waktu pencapian
  3. Perlu ada perubahan mindset dari rekam medis konvesional ke rekam medis elektronik/digital mengingat saat ini kita sudah mulai memasuki era 4.0 sehingga prodi harus lebih tanggap dalam menyelenggarakan pendidikan dan perkuliah bagi mahasiswa
  4. Mahasiswa perlu dibekali keahlian khusus Prodi D3 RMIK Univet agar nantinya dapat menjadi keunggulan prodi dibandingkan dengan lulusan dari universitas lain sehingga dapat menjadi nilai jual bagi lulusan Prodi D3 RMIK
  5. Mahasiswa perlu dibekali pendidikan karakter agar lebih siap ketika terjun ke dunia kerja
  6. Prodi perlu memberikan perhatian lebih terkait UKOM dengan mendampingi persiapan Ukom bagi mahasiswa
  7. Prodi perlu meningkatkan kualitas SDM dengan menambah dosen yang mempunyai keahlian dibidang rekam medis serta perlu meningkatkan kerjasama diluar wilayah Solo Raya dalam pelaksanaan PKL sehingga pengalaman mahasiswa bertambah dan sebagai salah satu cara promosi dan memperkenalkan Prodi ke dunia luar
  8. Perlu meningkatkan kualitas mahasiswa terutama dibidang analisa rekam medis dan diagnose penyakit bagi mahasiswa PKL

Menanggapi masukan yang disampaikan, Ketua Program Studi menyampaikan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan Prodi sebagai berikut :

  1. Prodi akan mengadakan pembahasan lebih lanjut terkait keunggulan program studi
  2. Prodi akan segera menindaklanjuti roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat, supaya adanya sinergisitas antar Institusi pendidikan dengan Rumah Sakit/ Puskesmas
  3. Dalam waktu dekat, akan diadakan kegiatan peninjauan kurikulum sebagai salah satu upaya peningkataan kualitas pendidikan,
  4. Sebagai upaya peningkatan mutu SDM, Prodi akan berusaha mencari dosen sesuai bidang ilmu, dan juga percepatan peningkatan jabatan fungsional dosen
  5. Bobot mata kuliah, proses pembelajaran  dan penilaian mahasiswa akan terus diupayakan dapat menanamkan karakter dan kepribadian yang luhur
  6. Akan ada pengabdian dan pelatihan tenaga rekam medis di puskesmas, terutama di wilayah Sukoharjo
  7. Pembelajaran via daring mulai dilakukan untuk menyikapi perubahan RM konvensional ke RME
  8. Program studi akan terus mengupayakan peningkatan kompetensi mahasiswa sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan.

Prodi D3 RMIK Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Lakukan Lokakarya Peninjauan VMTS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *